RPP MATA PELAJARAN PKN KURIKULUM 2013

-RPP-
SATUAN PENDIDIKAN    : SMP XXX
KELAS/SEMESTER           : IX/ GANJIL
MATA PELAJARAN          : PKN
MATERI POKOK               : PRILAKU BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA
TUHAN YME DAN BERAKHLAK MULIA DALAM KEHIDUPAN DI LINGKUNGAN PERGAULAN ANTARBANGSA
PERTEMUAN                      : PERTAMA
ALOKASI WAKTU                        : 2 X 40 MENIT (1 X PERTEMUAN)


A.    KONPETENSI INTI
SIKAP
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, danbertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
PENGETAHUAN
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
 KETERAMPILAN
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1  Menghayati prilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
1.1.1        Menjelaskan arti beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa.
1.1.2        Menyebutkan karakteristik orang yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
1.1.3        Menunjukkan prilaku yang berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat menjelaskan arti beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa.
2.      Siswa dapat menyebutkan karakteristik orang yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3.      Siswa dapat menunjukkan prilaku yang berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.

D.    MATERI AJAR      
1.      Arti Beriman Dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Kata takwa itu berasal dari bahasa arab, yang berarti : hati-hati, takut, atau rasa malu untuk melakukan perbuatan yang dilarang Tuhan. Menurut istilah ketakwaan itu merujuk kepada arti : Melaksanakan perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya. Iman artinya percaya secara penuh kepada Tuhan Yang Maha Esa. Manusia yang beriman adalah manusia yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan penuh keyakinan dan tanpa keraguan.
2.      Karakteristik Orang Beriman Dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Orang yang bertaqwa menduduki derajat yang tinggi disisi Tuhan. Seseorang dapat mencapai derajat ketakwaan, apabila memiliki cici-ciri atau karakteristik yaitut: aspek aqidah, aspek ibadah, dan aspek akhlaq
3.      Prilaku Yang Mencerminkan Akhlak Yang Mulia Dalam Kehidupan Di Lingkungan Pergaulan Antarbangsa.
Morgenthau memberi pengertian bahwa suatu bangsa atau “nation” adalah abstraksi dari sejumlah besar individu atau manusia yang memiliki ciri-ciri yang sama dan karena ciri-ciri itu mereka merasa, berfikir, dan berbuat sebagai suatu bangsa. Yang termasuk ciri-ciri tersebut antara lain latar belakang sejarah, dan persamaan nasib (Ernest Renant) dan watak serta cita-cita bersatu (Otto Bouer).
Bangsa yang besar adalah bangsa yang hidup dengan kelenturan budayanya untuk mengadaptasi unsur-unsur luar yang dianggap baik dan dapat memperkaya nilai-nilai lokal yang dimiliki. Selain itu bangsa Indonesia harus menjadi tetangga yang baik. Bangsa Indonesia harus dapat bekerja sama dengan bangsa-bangsa yang lain. Bangsa Indonesia tidak hidup sendiri dan tidak hidup menyendiri juga saling hormat menghormati dengan bangsa-bangsa yang lain.

E.     PENDEKATAN/MODEL/METODE PEMBELAJARAN
1.                                                             Pendekatan                            :  Scientific
Model Pembelajaran         :  Word Square                                                 
Metode                             :  Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.    

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan
No.
Kegiatan
Waktu

1
Guru mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi, dan apersepsi terhadap materi yang akan di bawakan).



10 menit
2
Guru mengimpormasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran
  3
Guru memberikan informasi tentang tujuan yang akan dicapai
4
Guru memberikan motovasi belajar


2.      Inti
No
Kegiatan
Waktu
1
Guru menyampaikan materi pembelajaran tentang prilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa .



60 Menit
2
Guru membagikan lembaran kegiatan.
3
Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban.
4
Guru memberikan poin setiap jawaban dalam kotak.
5
      Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

3.      Penutup
No.
Kegiatan
Waktu
1
Guru memberikan tugas kepada setiap siswa untuk dikerjakan secara individu


10 menit
2
Guru memberikan pesan-pesan moral kepada siswa
3
Akhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam

G.    ALAT DAN  SUMBER BELAJAR
1.    Alat dan bahan belajar
a.    Alat Belajar                        : Papan tulis, Laptop, LCD dan Spidol
b.    Bahan Belajar         : Kertas.
2.    Sumber belajar :
a.       Abdul Aziz Wahab. 1991. Materi Pokok Pendidikan Pancasila 1. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (115-116).
b.      C.S.T. Kansil & Christine S.T. Kansil. 2011. Empat Pilar Berbangsa Dan Bernegara. Jakarta : Rineka Cipta (31-32).
c.       Departemen pendidikan dan kebudayaan.  1984. Pendidikan moral pancasila untuk sekolah menengah tingkat pertama kelas 3. Jakarta : balai pustaka (40-47)
d.      Komaruddin Hidayat & Azyumardi Azra. 2009. Pendidikan Kewargaan (civic education), Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta : Kencana (20-21).
e.       Lukman Surya Saputra & Wahyu Nugroho. 2013. Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2)
f.       Yanitiani. http://yanitiani.blogdetik.com/2011/03/20/beriman-dan-bertaqwa-terhadap-tuhan-yang-maha-esa/ diunduh senin, 21 Oktober 2013 pukul 13.30.
3.    Media belajar               : Slide, gambar dan video

H.    PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.      Teknik penilaian         : Tes Lisan dan Tes Tertulis
2.      Bentuk                       : Soal Essai dan Pilihan Ganda
3.      Instrument                  :          
*      Essai
a.       Apakah yang dimaksud dengan beriman dan bertakwa?
b.      Sebutkan 3 bentuk prilaku yang berakhlak mulia dalam kenidupan di lingkungan antarbangsa?
*      Pilihan Ganda
1.      Kata taqwa itu berasal dari bahasa arab, yang berarti…………..
a.       Maaf
b.      Sabar
c.       Takut
d.      Tentram
e.       Bahagia
2.      Percaya secara penuh kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan defenisi….
a.         Takwa
b.        Iman
c.         Rajin
d.        Takabbur
e.         Sabar
3.      Yang manakah yang termasuk aspek ibadah sebagai ciri-ciri orang bertaqwa….
a.       Semabahyang
b.      Jujur
c.       Sabar
d.      Adil
e.       Pemaaf
4.          Abstraksi dari sejumlah besar individu atau manusia yang memiliki ciri-ciri yang sama dan karena ciri-ciri itu mereka merasa, berfikir, dan berbuat disebut……….
a.       Bangsa
b.      Negara
c.       Individu
d.      Perkumpulan
e.       Suku
5.      Siapakah yang bertanggung jawab atas terlaksananya perdamaian dunia?
a.       Indonesia
b.      Negara maju
c.       Negara berkembang
d.      Semua negara di dunia
e.       Amerika

4.      Kunci dan Pedoman penskoran         :
                          I.        Kunci jawaban
*      Essai
1.      Kata takwa itu berasal dari bahasa arab, yang berarti : hati-hati, takut, atau rasa malu untuk melakukan perbuatan yang dilarang Tuhan. Menurut istilah ketakwaan itu merujuk kepada arti : Melaksanakan perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya. Manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa akan senantiasa berusaha melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangan Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk paling sempurna dan dikaruniai akal pikiran. Dengan akal dan pikirannya, manusia dapat mengembangkan hidup serta mengelola alam yang dianugerahkan Tuhan untuk kehidupan yang lebih baik.
Keyakinan bahwa kita adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa merupakan keimanan. Setiap ajaran agama memerintahkan umatnya untuk selalu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Iman artinya percaya secara penuh kepada Tuhan Yang Maha Esa. Manusia yang beriman adalah manusia yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan penuh keyakinan dan tanpa keraguan.
2.      Bentuk prilaku yang berakhlak mulia dalam kenidupan di lingkungan antarbangsa antara lain :
a.       Bangsa Indonesia harus dapat bekerja sama dengan bangsa-bangsa yang lain,
b.      Saling hormat menghormati dengan bangsa-bangsa yang lain, dan
c.       Harus ikut membina ketertiban dunia yang berdasarkan perdamian abadi.
*      Pilihan Ganda
1.      C. Takut
2.      B. Iman
3.      A. Sembahyang
4.      A. Bangsa
5.      D. Semua Negara di dunia

              II.       Pedoman penskoran
*  

INTERVAL PENILAIAN
KKM     = 65
100-88   = A
87-76     = B
75-65     = C
Penilaian Kognitif






 


·         Essai
Butir Soal
Skor Maksimal
Rubrik Penilaian
50
25
10
0





Soal no. 1





50
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan beriman dan bertakwa baik dari segi bahasa, istilah dan memberikan contoh perbuatan yang mencerminkan beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME.
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan beriman dan  bertakwa dari segi bahasa dan istilah.
Hanya menjelaskan apa yang dimaksud dengan beriman/bertakwa dari segi bahasa atau istilah.
Tidak menjawab sama sekali.




Soal no. 2




50
Menyebutkan 3 bentuk prilaku yang berakhlak mulia dalam kenidupan di lingkungan antarbangsa
Menyebutkan 2 bentuk prilaku yang berakhlak mulia dalam kenidupan di lingkungan antarbangsa
Menyebutkan 1 bentuk prilaku yang berakhlak mulia dalam kenidupan di lingkungan antarbangsa
Tidak menjawab sama sekali.
Jumlah
100







·         Pilihan Ganda
Butir Soal
Skor Maksimal
Skor Perolehan
Soal No. 1
Soal No. 2
Soal No. 3
Soal No. 4
Soal No. 5
20
20
20
20
20


Jumlah
100



*      Penilaian kegiatan siswa dalam proses pembelajaran
NO
NAMA SISWA
ASPEK PENGAMATAN
JUMLAH SKOR
NILAI
KET
KEAKTIFAN
MENGHARGAI PENDAPAT TEMAN
BOBOT PENDAPAT
PERHATIAN TERHADAP PELAJARAN

Skor perolehan  x  100
        Skor maksimum
Keterangan skor
Nilai =
        Masing-masing kolom diisi dengan kreteria:                                     
25  =
baik sekali
20  =
Baik
15  =  
Cukup
10  =
Kurang
5    =
sangat kurang
                                           



Interval Penilaian
·         100-81           =A (sangat baik)
·         80-61             =B ( baik)
·         60–41            =C (cukup)
·         40-21             =D (kurang)
·         20-0               =E (sangat kurang)

*      Penilaian karakter
No.
Aspek yang dinilai
Kategori
Keterangan
1
Jujur
A
B
C
D

2
Tanggung jawab
A
B
C
D

3
Teliti
A
B
C
D

4
Hati-hati
A
B
C
D

Keterangan Nilai dengan Huruf
     A = baik sekali
     B = baik
     C = cukup
     D = kurang

Tugas : mengamati sekitar lingkungan tempat tinggal anda dan kemudian catat prilaku – prilaku apa saja yang mencerminkan sikap bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan berbangsa.


Mengetahui:                                                                            Makassar, ..................... 2013

                      Instruktur                                                                  Guru Mata Pelajaran,
                                 


           ......................................                                                .................................................
                                                                       



0 komentar:

Posting Komentar