RPP MATA PELAJARAN PKN KURIKULUM 2013
-RPP-
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP XXX
KELAS/SEMESTER : IX/ GANJIL
MATA
PELAJARAN : PKN
MATERI
POKOK : PRILAKU BERIMAN DAN
BERTAQWA KEPADA
TUHAN
YME DAN BERAKHLAK MULIA DALAM KEHIDUPAN DI LINGKUNGAN PERGAULAN ANTARBANGSA
PERTEMUAN : PERTAMA
ALOKASI WAKTU : 2 X 40 MENIT (1 X PERTEMUAN)
ALOKASI WAKTU : 2 X 40 MENIT (1 X PERTEMUAN)
A. KONPETENSI INTI
SIKAP
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, danbertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
PENGETAHUAN
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KETERAMPILAN
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudutpandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1 Menghayati prilaku beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan
pergaulan antarbangsa.
|
1.1.1
Menjelaskan
arti beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa.
1.1.2
Menyebutkan
karakteristik orang yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
1.1.3
Menunjukkan
prilaku yang berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan arti beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa.
2. Siswa
dapat menyebutkan karakteristik orang yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa.
3. Siswa
dapat menunjukkan prilaku yang berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan
pergaulan antarbangsa.
D. MATERI AJAR
1. Arti Beriman Dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Kata takwa itu berasal dari bahasa arab, yang berarti : hati-hati, takut,
atau rasa malu untuk melakukan perbuatan yang dilarang Tuhan. Menurut istilah
ketakwaan itu merujuk kepada arti : Melaksanakan perintah Tuhan dan menjauhi
larangan-Nya. Iman artinya percaya secara penuh
kepada Tuhan Yang Maha Esa. Manusia yang beriman adalah manusia
yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan penuh keyakinan
dan tanpa keraguan.
2. Karakteristik Orang Beriman Dan Bertaqwa Kepada Tuhan
Yang Maha Esa
Orang yang bertaqwa menduduki derajat yang tinggi disisi Tuhan. Seseorang
dapat mencapai derajat ketakwaan, apabila memiliki cici-ciri atau karakteristik
yaitut: aspek aqidah, aspek ibadah, dan aspek akhlaq
3.
Prilaku
Yang Mencerminkan Akhlak Yang Mulia Dalam Kehidupan Di Lingkungan Pergaulan
Antarbangsa.
Morgenthau
memberi pengertian bahwa suatu bangsa atau “nation”
adalah abstraksi dari sejumlah besar individu atau manusia yang memiliki
ciri-ciri yang sama dan karena ciri-ciri itu mereka merasa, berfikir, dan
berbuat sebagai suatu bangsa. Yang termasuk ciri-ciri tersebut antara lain
latar belakang sejarah, dan persamaan nasib (Ernest Renant) dan watak serta cita-cita bersatu (Otto Bouer).
Bangsa
yang besar adalah bangsa yang hidup dengan kelenturan budayanya untuk
mengadaptasi unsur-unsur luar yang dianggap baik dan dapat memperkaya nilai-nilai
lokal yang dimiliki. Selain itu bangsa Indonesia harus menjadi tetangga yang
baik. Bangsa Indonesia harus dapat bekerja sama dengan bangsa-bangsa yang lain.
Bangsa Indonesia tidak hidup sendiri dan tidak hidup menyendiri juga saling
hormat menghormati dengan bangsa-bangsa yang lain.
E.
PENDEKATAN/MODEL/METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
Model
Pembelajaran :
Word Square
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Guru
mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi, dan apersepsi
terhadap materi yang akan di bawakan).
|
10 menit
|
2
|
Guru mengimpormasikan kompetensi
dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran
|
|
3
|
Guru memberikan
informasi tentang tujuan yang akan dicapai
|
|
4
|
Guru memberikan motovasi belajar
|
2.
Inti
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Guru menyampaikan materi
pembelajaran tentang prilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan
berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antarbangsa .
|
60 Menit
|
2
|
Guru membagikan lembaran kegiatan.
|
|
3
|
Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam
kotak sesuai jawaban.
|
|
4
|
Guru memberikan poin setiap jawaban dalam kotak.
|
|
5
|
Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
|
3.
Penutup
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Guru memberikan tugas kepada setiap
siswa untuk dikerjakan secara individu
|
10 menit |
2
|
Guru memberikan pesan-pesan moral kepada siswa
|
|
3
|
Akhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
G.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
1. Alat
dan bahan belajar
a. Alat
Belajar : Papan
tulis, Laptop, LCD dan Spidol
b. Bahan
Belajar : Kertas.
2. Sumber
belajar :
a. Abdul
Aziz Wahab. 1991. Materi Pokok Pendidikan
Pancasila 1. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (115-116).
b. C.S.T.
Kansil & Christine S.T. Kansil. 2011. Empat
Pilar Berbangsa Dan Bernegara. Jakarta : Rineka Cipta (31-32).
c. Departemen
pendidikan dan kebudayaan. 1984. Pendidikan moral pancasila untuk sekolah
menengah tingkat pertama kelas 3. Jakarta : balai pustaka (40-47)
d. Komaruddin
Hidayat & Azyumardi Azra. 2009. Pendidikan
Kewargaan (civic education), Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat
Madani. Jakarta : Kencana (20-21).
e. Lukman
Surya Saputra & Wahyu Nugroho. 2013. Buku
Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta : Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan RI (2)
f. Yanitiani.
http://yanitiani.blogdetik.com/2011/03/20/beriman-dan-bertaqwa-terhadap-tuhan-yang-maha-esa/
diunduh senin, 21 Oktober 2013 pukul 13.30.
3. Media
belajar : Slide, gambar dan
video
H.
PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Teknik
penilaian : Tes Lisan dan Tes
Tertulis
2. Bentuk : Soal Essai dan Pilihan
Ganda
3. Instrument :
Essai
a. Apakah
yang dimaksud dengan beriman dan bertakwa?
b. Sebutkan
3 bentuk prilaku yang berakhlak mulia dalam kenidupan di lingkungan
antarbangsa?
Pilihan
Ganda
1. Kata taqwa
itu berasal dari bahasa arab, yang berarti…………..
a. Maaf
b. Sabar
c. Takut
d. Tentram
e. Bahagia
2. Percaya
secara penuh kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan defenisi….
a.
Takwa
b.
Iman
c.
Rajin
d.
Takabbur
e.
Sabar
3. Yang
manakah yang termasuk aspek ibadah sebagai ciri-ciri orang bertaqwa….
a. Semabahyang
b. Jujur
c. Sabar
d. Adil
e. Pemaaf
4.
Abstraksi dari sejumlah besar individu
atau manusia yang memiliki ciri-ciri yang sama dan karena ciri-ciri itu mereka
merasa, berfikir, dan berbuat disebut……….
a. Bangsa
b. Negara
c. Individu
d. Perkumpulan
e. Suku
5. Siapakah
yang bertanggung jawab atas terlaksananya perdamaian dunia?
a. Indonesia
b. Negara
maju
c. Negara
berkembang
d. Semua
negara di dunia
e. Amerika
4. Kunci
dan Pedoman penskoran :
I.
Kunci
jawaban
Essai
1.
Kata takwa itu berasal dari bahasa arab, yang berarti
: hati-hati, takut, atau rasa malu untuk melakukan perbuatan yang dilarang
Tuhan. Menurut istilah ketakwaan itu merujuk kepada arti : Melaksanakan
perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya. Manusia yang bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa akan senantiasa berusaha melaksanakan
segala perintah dan menjauhi larangan Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan
menciptakan manusia sebagai makhluk paling sempurna dan dikaruniai
akal pikiran. Dengan akal dan pikirannya, manusia dapat
mengembangkan hidup serta mengelola alam yang dianugerahkan Tuhan
untuk kehidupan yang lebih baik.
Keyakinan bahwa kita adalah makhluk
Tuhan Yang Maha Esa merupakan keimanan. Setiap ajaran agama
memerintahkan umatnya untuk selalu beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa. Iman artinya percaya secara penuh
kepada Tuhan Yang Maha Esa. Manusia yang beriman adalah manusia
yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan penuh keyakinan
dan tanpa keraguan.
2.
Bentuk prilaku yang berakhlak mulia
dalam kenidupan di lingkungan antarbangsa antara lain :
a. Bangsa
Indonesia harus dapat bekerja sama dengan bangsa-bangsa yang lain,
b. Saling
hormat menghormati dengan bangsa-bangsa yang lain, dan
c. Harus
ikut membina ketertiban dunia yang berdasarkan perdamian abadi.
Pilihan
Ganda
1. C.
Takut
2. B.
Iman
3. A.
Sembahyang
4. A.
Bangsa
5. D.
Semua Negara di dunia
II.
Pedoman
penskoran
INTERVAL
PENILAIAN
KKM = 65
100-88 = A
87-76 = B
75-65 = C
|
·
Essai
Butir Soal
|
Skor Maksimal
|
Rubrik Penilaian
|
|||
50
|
25
|
10
|
0
|
||
Soal no. 1
|
50
|
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan beriman
dan bertakwa baik dari segi bahasa, istilah dan memberikan contoh perbuatan
yang mencerminkan beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME.
|
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan
beriman dan bertakwa dari segi bahasa
dan istilah.
|
Hanya menjelaskan apa yang dimaksud
dengan beriman/bertakwa dari segi bahasa atau istilah.
|
Tidak menjawab sama sekali.
|
Soal no. 2
|
50
|
Menyebutkan 3 bentuk prilaku yang
berakhlak mulia dalam kenidupan di lingkungan antarbangsa
|
Menyebutkan 2 bentuk prilaku yang
berakhlak mulia dalam kenidupan di lingkungan antarbangsa
|
Menyebutkan 1 bentuk prilaku yang
berakhlak mulia dalam kenidupan di lingkungan antarbangsa
|
Tidak menjawab sama sekali.
|
Jumlah
|
100
|
·
Pilihan
Ganda
Butir Soal
|
Skor Maksimal
|
Skor Perolehan
|
Soal No. 1
Soal No. 2
Soal No. 3
Soal No. 4
Soal No. 5
|
20
20
20
20
20
|
|
Jumlah
|
100
|
Penilaian
kegiatan siswa dalam proses pembelajaran
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK
PENGAMATAN
|
JUMLAH
SKOR
|
NILAI
|
KET
|
|||||||
KEAKTIFAN
|
MENGHARGAI
PENDAPAT TEMAN
|
BOBOT
PENDAPAT
|
PERHATIAN TERHADAP PELAJARAN
|
|||||||||
Skor perolehan x
100
Skor maksimum
|
Nilai =
Masing-masing
kolom diisi dengan kreteria:
25 =
|
baik sekali
|
20 =
|
Baik
|
15 =
|
Cukup
|
10 =
|
Kurang
|
5 =
|
sangat kurang
|
Interval Penilaian
·
100-81 =A (sangat baik)
·
80-61 =B
( baik)
·
60–41 =C (cukup)
·
40-21 =D (kurang)
·
20-0 =E (sangat kurang)
Penilaian karakter
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kategori
|
Keterangan
|
|||
1
|
Jujur
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
2
|
Tanggung jawab
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
3
|
Teliti
|
A
|
B
|
C
|
D
|
|
4
|
Hati-hati
|
A
|
B
|
C
|
D
|
Keterangan Nilai dengan Huruf
A
= baik sekali
B
= baik
C
= cukup
D
= kurang
Tugas
: mengamati sekitar lingkungan tempat tinggal anda dan kemudian catat prilaku –
prilaku apa saja yang mencerminkan sikap bertaqwa kepada tuhan yang maha esa
dan berakhlak mulia dalam kehidupan berbangsa.
Mengetahui: Makassar,
..................... 2013
Instruktur Guru Mata Pelajaran,
......................................
.................................................
0 komentar:
Posting Komentar